Minggu, 10 Februari 2013

ALASAN MERINDUKAN RAMADHAN

ALASAN MERINDUKAN RAMADHAN BAGI ORANG BERIMAN

RAHASIA PUASA RAMADHAN


Diibaratkan seperti seorang kekasih,maka Ramadhan pun juga diharapkan kedatangannya. Setiap umat muslim akan selalu mempersiapkan dirinya untuk menyambut datangnya bulan ramadhan. Begitu juga ketika bulan Ramadhan hampir selesai seakan terasa tak ingin berpisah. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa : “Andaikan setiap hamba Allah mengetahui apa yang ada dalam Ramadhan, maka ia bakal berharap satu tahun itu puasa terus” (HR. Ibnu Khuzaimah).
Adapun beberapa alasan mengapa Ramadhan selalu dirindukan oleh umat muslim yang beriman, diantaranya ialah:

1. Derajat Taqwa
Alasan orang beriman selalu merindukan bulan ramadhan ialah karena derajat taqwanya. Taqwa merupakan tujuan diperintahkannya umat muslim yang beriman untuk berpuasa sebagaimana telah dicantumkan dalam surat Al Baqarah ayat 183. Derajat taqwa ialah derajat yang paling tinggi dan paling mulia disisi Allah swt.
Kemudahan yang akan diperoleh oleh orang yang bertaqwa ialah:
a.Kemudahan untuk memperoleh jalan keluar dari semua masalah
b.Kemudahan untuk mencukupi kebutuhan
c.Kemudahan memperoleh ketenangan hati,  tidak akan khawatir dan bersedih hati

2. Bulan  Pengampunan
Dalam hadits disebutkan : “Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanannya dan karena mengharap ridha Allah, maka dosa-dosa sebelumnya diampuni” (HR. Bukhari – Muslim dan Abu Dawud).

3. Pahala Yang Dilipatgandakan
Rasulullah bersabda : “Setiap amal anak keturunan Adam dilipatgandakan. Setiap satu kebaikan sepuluh lipat gandanya hingga tujuh ratus kali lipat” (HR. Bukhari-Muslim).

4. Pintu Surga akan Dibuka dan Pintu Neraka akan Ditutup
“Kalau datang bulan Ramadhan, maka terbuka seluruh pintu surga, tertutup pintu neraka dan setan-setan dibelenggu” (HR. Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah)

5. Ibadah yang Istimewa
Didalam hadits qudsi Allah berfirman : “Setiap amalan anak Adam itu untuk dirinya, kecuali puasa. Itu milikku dan Aku yang membalasnya karena ia (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku” (HR. Bukhari-Muslim).

6. Dikabulkannnya Semua Doa Para Hamba
Allah berfirman: “Tiga doa yang tidak ditolak oleh Allah, orang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan doanya orang yang teraniaya. Allah mengangkat doanya keawan dan membukakan pintu-pintu langit. Demi kebesaran-Ku engkau pasti Aku tolong meski tidak sekarang” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)
Allah juga berfirman: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya tentang Aku, katakanlah bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku” (QS. Al Baqarah : 186)

7. Dicintai oleh Allah
Hadits qudsi : “Kalau Aku telah mencintai seseorang, Aku menjadi pendengaran untuk telinganya, menjadi penglihatan untuk matanya, menjadi pegangan untuk tangannya, dan menjadi langkah untuk kakinya” (HR. Bukhari)

8.Turunnnya Lailatul Qadar
Allah berkata dalam firmannya: Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan mereka mengatur segala urusan. Malam itu adalah malam yang penuh dengan kemuliaan sampai terbit fajar” (QS. Al Qodar : 4-5).
Pada  hari ke-10 pada malam terakhir orang melaksanakan i’tikaf dan juga berharap lailatul Qadar akan datang menemui dirinya.

9. Masuk  Surga Melalui Pintu Khusus Ar Royyan
 “Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut Ar Royyaan yang akan dilewati oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti. Tidak diperbolehkan seseorang melewatinya selain mereka. Ketika dipanggil, mereka akan segera bangkit dan masuk semuanya kemudian ditutup” (HR. Bukhari).

10. Mendapat 2 Harapan
“Setiap orang berpuasa selalu mendapat dua kegembiraan, yaitu tatkala berbuka puasa dan saat bertemu dengan Tuhannya (di akhirat)” (HR. Bukhari).

Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

1 komentar:

  1. Terimakasih gan atas infonya yang bermanfaat ini, visit balik ya http://nama-namanabi.blogspot.com/

    BalasHapus