Selasa, 12 Februari 2013

PINTU SURGA ORANG YANG BERPUASA

RAHASIA PUASA RAMADHAN

Rasulullah SAW. bersabda: "Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu 'ar-Rayan' yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang rajin berpuasa pada hari kiamat nanti. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): 'Di manakah orang-orang yang berpuasa?' Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya." (HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa'd). Di dalam hadist tersebut Nabi SAW menerangkan tentang  keutamaan puasa dan kedudukan orang-orang yang berpuasa di sisi Allah.

Yang dimaksudkan dalam hadits dengan orang yang rajin berpuasa ialah bukanlah orang yang hanya mengerjakan puasa namun tidak mengerjakan shalat, sebab orang yang seperti ini tidak akan masuk surga akibat kekafirannya karena meninggalkan shalat. Namun yang dimaksud ialah kaum muslimin yang banyak-banyak berpuasa maka dia akan dipanggil supaya melalui pintu tersebut. Sehingga setiap penghuni surga yang akan memasuki surga bisa melalui pintu-pintunya yang berjumlah delapan.

Masing-masing pintu di surga memiliki kekhususan.
Pahala dan balasan Allah untuk orang-orang yang berpuasa ialah penuh, besar, dan tidak terhitung. Adapun masuknya orang-orang yang berpuasa melalui pintu surga Ar Rayyan ini merupakan tambahan pahala dan penghormatan semata. Surga memang mempunyai banyak pintu, di antaranya yaitu pintu untuk orang-orang yang taat menjalankan shalat, pintu untuk orang-orang yang giat berjihad, pintu untuk orang-orang yang ikhlas berpuasa-yaitu Ar Rayyan sebagaimana telah dibicarakan, dan di antaranya ada pintu khusus bagi orang-orang yang suka bersedekah.

Atas keikhlasan dan kesabaran seseorang dalam menjalankan ibadah puasa-dengan menahan lapar dan dahaga, mengendalikan hawa nafsu dengan sekuat tenaga, maka Allah mengistimewakan mereka dengan memasukkan mereka ke dalam surga melalui pintu khusus yang bernama "Ar Rayyan".Kata Ar Rayyan sendiri mempunyai makna yang berarti pengairan, segar, dan juga pemandangan yang indah. Nama ini sesuai dengan keadaan orang-orang berpuasa yang menahan dirinya dari makan dan minum. Rasa dahaga inilah yang lebih mendominan dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa dibandingkan  dengan rasa lapar.  

Masing-masing pintu di surga memiliki kekhususan tersendiri. Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah SAW. bersabda: "Barang siapa memberi nafkah isterinya di jalan Allah, maka akan dipanggil dari pintu surga, 'Wahai Hamba Allah! Ini adalah pintu kebaikan.' Barangsiapa termasuk ahli salat, maka akan dipanggil dari pintu al-Shalah. Barangsiapa termasuk ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu al-Jihad. Barangsiapa termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu al-Rayyan. Dan barangsiapa termasuk ahli sedekah, maka akan dipanggil dari pintu al-Shadaqah. Abu Bakar lantas berkata, 'Demi engkau dan ibuku (ummul mukminin), ya, Rasulullah! Apakah seseorang harus dipanggil dari pintu-pintu itu, dan adakah seseorang yang dipanggil dari pintu-pintu itu seluruhnya?' Rasulullah menjawab, 'Iya. Dan aku berharap semoga engkau termasuk dari mereka." (HR. al-Bukhari).

Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

1 komentar:

  1. Artikelnya bermanfaat buat saya, visit juga ya http://shalat-sunah-malam.blogspot.com/

    BalasHapus