Minggu, 10 Februari 2013

RAHASIA PUASA RAMADHAN

RAHASIA PUASA RAMADHAN

RAHASIA PUASA RAMADHAN

rahasia puasa ramadhan sangatlah penting untuk diketahui sebelum melakukan ibadah pada bulan ramadhan. dengan melakukan ibadah pada bulan ramadhan maka kita akan memperoleh banyak kebaikan didalam kehidupan. bulan ramadhan memiliki beberapa rahasia diantaranya ialah mendidik kemauan. dan disini saya akan menjelaskan tentang rahasia puasa ramadhan.


RAHASIA PUASA RAMADHAN

Sebagai seorang muslim yang sejati, kedatangan dan kehadiran bulan Ramadhan yang mulia ialah sesuatu yang amat membahagiakan bagi kita. Sebab dengan menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan,kita akan memperoleh banyak keuntungan, baik dalam kehidupan di dunia atau ketika di akhirat kelak.
Disinilah letak pentingnya bagi kita untuk mengetahui rahasia puasa yang merupakan salah satu bagian terpenting dari ibadah Ramadhan. Dalam kitabnya Al Ibadah Fil Islam,Dr Yusuf Qardhawi mengungkapkan terdapat lima rahasia puasa ramadhan yang dapat kita ketahui untuk selanjutnya kita rasakan kenikmatannya dalam ibadah Ramadhan.Adapun rahasia puasa ramadhan ialah:

1.       Menguatkan Jiwa.
Dengan beribadah puasa manusia dapat mengendalikan hawa nafsunya yang membuat jiwanya menjadi lebih kuat, bahkan dengan puasa manusia akan memperoleh derajat yang tinggi seperti layaknya malaikat  suci dan ini akan membuatnya mampu mengetuk dan membuka pintu-pintu langit hingga semua do’anya dikabulkan oleh Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda yang artinya: Ada tiga golongan orang yang tidak ditolak do’a mereka: orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang dizalimi (HR. Tirmidzi).

2.       Mendidik Kemauan.
Puasa mendidik seseorang untuk memiliki kemauan yang sungguh-sungguh dalam kebaikan, meskipun untuk melaksanakan kebaikan itu terhalang oleh berbagai kendala. Puasa yang baik akan membuat seseorang terus mempertahankan keinginannya yang baik, meskipun peluang untuk menyimpang begitu besar.
Rasulullah Saw mengatakan: Puasa itu setengah dari kesabaran. Dalam kaitan ini, maka puasa akan membuat kekuatan rohani seorang muslim semakin prima. Kekuatan rohani yang prima akan membuat seseorang tidak akan lupa diri meskipun telah mencapai keberhasilan atau kenikmatan duniawi yang sangat besar, dan kekuatan rohani juga akan membuat seorang muslim tidak akan berputus asa meskipun penderitaan yang dialami sangat sulit.

3.       Menyehatkan Badan.
Disamping kesehatan dan kekuatan rohani, puasa yang baik dan benar juga akan memberikan pengaruh positif berupa kesehatan jasmani. Hal ini tidak hanya dinyatakan oleh Rasulullah Saw, tetapi juga sudah dibuktikan oleh para dokter atau ahli-ahli kesehatan dunia yang membuat kita tidak perlu meragukannya lagi. Mereka berkesimpulan bahwa pada saat-saat tertentu, perut memang harus diistirahatkan dari bekerja memproses makanan yang masuk sebagaimana juga mesin harus diistirahatkan, apalagi di dalam Islam, isi perut kita memang harus dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk air dan sepertiga untuk udara.

4.        Mengenal Nilai Kenikmatan.
Dalam hidup ini, sebenarnya sudah begitu banyak kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia, tapi banyak pula manusia yang tidak pandai mensyukurinya dengan berpuasa, manusia tidak hanya disuruh untuk memperhatikan dan merenungi tentang kenikmatan yang sudah diperolehnya tetapi juga disuruh merasakan langsung betapa besar sesungguhnya nikmat Allah yang telah berikan kepada kita.
Disinilah letak pentingnya ibadah puasa yaitu guna mendidik kita untuk menyadari betapa tinggi nilai kenikmatan yang Allah berikan supaya kita dapat menjadi orang yang pandai bersyukur dan tidak mengecilkan makna kenikmatan dari Allah meskipun dari segi jumlah memang sedikit dan kecil. Rasa syukur memang akan membuat nikmat itu bertambah banyak, baik dari segi jumlah atau paling tidak dari segi rasanya.

5.       Mengingat dan Merasakan Penderitaan Orang Lain.
Merasakan lapar dan haus memberikan pengalaman kepada kita bagaimana beratnya penderitaan yang juga dirasakan oleh orang lain. Sebab pengalaman lapar dan haus yang kita rasakan akan segera berakhir, sementara penderitaan orang lain entah kapan akan berakhir. Semestinya dengan berpuasa akan menumbuhkan dan memantapkan rasa solidaritas kita kepada kaum muslimin lainnya.
Oleh sebab itu, sebagai simbol dari rasa solidaritas itu, sebelum Ramadhan berakhir, kita diwajibkan untuk menunaikan zakat agar tahap demi tahap kita bisa mengatasi persoalan-persoalan umat yang menderita. Bahkan zakat itu tidak hanya bagi kepentingan orang yang miskin dan menderita, tapi juga bagi kita yang mengeluarkannya agar dengan demikian, hilang kekotoran jiwa kita yang berkaitan dengan harta seperti gila harta, kikir dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya tentang blog ini silahkan baca disini

1 komentar:

  1. Terimakasih gan atas infonya yang bermanfaat ini, visit balik ya http://nama-namanabi.blogspot.com/

    BalasHapus